Saturday, August 21, 2010

inilah perbedaan motoGP dengan superbike. kedua motor ini termasuk motor yang paling populer di arena balapan, keduanya termasuk moge, dan ada beberapa perbedaanya.
Perbedaan mendasar terletak pada karakter sepeda motor yang dipakai. MotoGP menggunakan mesin berkapasitas 800 cc dan merupakan tipe khusus yang sengaja dibuat untuk balapan. Sedangkan superbike adalah sepeda motor produksi massal atau dijual bebas di pasaran dengan kapasitas mesin 1.000 cc ke atas. Tetapi Saat ini superbike atau lebih dikenal dengen worldSBK telah menampilkan mesin berkapasitas kecil yaitu 600cc dan 1000cc yg dikatagorikan dalam kelas yg telah ditentukan.
Artinya, lomba MotoGP hanya bisa diikuti oleh tim yang mendapat dukungan dari pabrikan sepeda motor. Sementara untuk terjun ke arena WSBK bisa membentuk tim tanpa dukungan pabrikan sepeda motor. Tim yang berminat cukup membeli sepeda motor dari dealer, kemudian mendaftarkan ke pengelola lomba, FG Sport.


Meski begitu, WSBK memiliki gengsi yang cukup tinggi di daratan Eropa dan pabrikan sepeda motor pun menerjunkan tim sendiri. Sepeda motor yang dipakai lebih canggih dibandingkan produk massalnya. Contohnya Ducati yang menurunkan Tim Xerox Ducati dengan mesin 999R.

Lain lagi dengan MotoGP. Sepeda motornya tidak bisa dimiliki tim karena mengandung teknologi tingkat tinggi. Ketika musim lomba berakhir, sepeda motor seperti yang dipakai Yamaha YZR-M1 dan Honda RC211V harus dikembalikan ke pabrik. Aturan yang sama juga berlaku untuk tim satelit. Bahkan, tim satelit harus membayar sewa pakai atau leasing untuk satu musim lomba dengan biaya antara 1,5 hingga 2 juta dolar AS. Tentunya dengan tambahan persyaratan yang ketat.
sumber:ekowinarno46.wordpress.com

0 Comments:

Post a Comment